Kamis, 01 Desember 2016

KOMUNIKASI BISNIS

Pentingnya komunikasi bisnis untuk seorang akuntan

Didalam dunia bisnis dibutuhkan komunikasi yang lancar antara stakeholders untuk menghasilkan sinergi yang bagus dalam lingkungan kerja. ilmu komunikasi bisnis merupakan pelajaran yang wajib dipelajari oleh pelaku usaha termasuk akuntan. karena akuntansi meliputi informasi keuangan perusahaan, maka komunikasi yang bagus dibutuhkan untuk memberikan informasi seakuratnya dan sesuai dengan konteks.

Pelajaran komunikasi bisnis adalah ilmu pengetahuan tata cara etika dan pemahaman komunikasi effektif yang wajib didunia bisnis dan kerja. komunikasi yang effektif terjadi bila pendengar memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara dan memberikan umpan balik yang koheren sehingga pesan yang disampaikan sesuai kemauan pembicara. contoh: manajer keuangan bersikap profesional dan mempresentasikan hasil laporan keuangan perusahaan dengan pemahaman yang mudah dimengerti oleh dewan direksi.

Karena posisi akuntan sebagai penanggung jawab keadaan fiskal perusahaan, maka akuntan harus mampu berkomunikasi dengan lancar kepada seluruh stakeholders yang ada. disini kita ditekan untuk memberikan jawaban dengan you attitude yang artinya pesan yang disampaikan berorientasi kepada pendengar dan tidak memberikan viewpoint menurut pandangan pribadi yang dipaksakan. contoh: laporan keuangan dijelaskan dengan pengertian orang awam supaya tidak menimbulkan kesulitan dalam pengertian.

Perilaku merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan dan dibina untuk menunjukan profesionalisme seorang karyawan. berpakaian secara rapi dan bersikap secara tertib merupakan norma yang ada di setiap karyawan profesional. sikap tenang dalam menghadapi masalah atau keadaan mendesak memberikan nilai bonus bagi seorang karyawan. tata berbicara yang tegas, sopan dan sederhana memberikan kharisma yang diinginkan oleh setiap perusahaan. contoh: seorang akuntan internal tetap tenang walaupun menghadapi perkerjaan mendadak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar